Jumat, 06 Maret 2015

Laporan Praktek Kerja Lapangan(PKL) PT. Telkom

BAB II

TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

2.1 Sejarah Umum Perusahaan PT Telkom Indonesia, Tbk

    PT Telkom Indonesia adalah Suatu Badan Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang jasa Telekomunikasi. PT Telkom menyediakan sarana dan jasa layanan Telekomunikasi dan informasi kepada masyarakat luas sampai kepelosok daerah di seluruh Indonesia. Cikal bakal Telkom sebagai perusahaan Telekomunikasi di Indonesia sudah ada jauh sebelum Indonesia merdeka. Hal ini ditandai dengan pengoperasian perdana layanan Telegraph elektromagnetik dari Batavia (Jakarta) ke Buitenzorg (Bogor) pada tahun 1856.

   Telkom yang waktu itu bernama Post Telegraaf en Telefoondients (Jawatan Pos, Telegraf dan Telepon) sangant berperan besar saat Indonesia mendeklarasikan kemerdekaannya. Telkommenjadi penentu tersebarnya deklarasi kemerdekaan Indonesia ke seluruh penjuru dunia melalui Stasiun Radio Pemancar PTT di Dayeuhkolot, Bandung , Jawa Barat. Seiring perjalanan zaman dan perkembangan bangsa, Telkom selalu mengiringinya dengan kontribusi nyata dan mamfaat yang besar bagi Bangsa. Telkom telat menbangun pondasi komunikasi dengan dibangunnya beberapa sentral telepon yang menjadi sarana komunikasi baik sambungan local, interlokal maupun internasional samapi diluncurkannya Satelit Komunikasi Palapa pada 9 Juli 1976 yang menempatkan Indonesia sebagai Negara ketiga di dunia yang meluncurkan satelit setelah Amerika dan Kanada.

Terus tumbuh dan berkembang adalah salah satu identitas Telkom. Secara kelembagaan perusahaan ini selalu bertransformasi. Saat lahir, Telkom memiliki format sebagai sebuah institusi dengan nama PTT (Post Telegraaf en Telefoondients) di tahun 1906, lalu berubah menjadi PN Postel pada tahun 1961. Di tahun 1965, terjadi pemisahan PN Tel dari PN Pos. 9 tahun Kemudian, tepatnya tahun 1974, PN Tel berubah menjadi Perumtel, kemudia sejak 1991 perusahaan ini berubah kembali menjadi PT. Telekomunikasi Indonesia. Dan sejak 1995, PT.Telekomunikasi Indonesia menjadi perusahaan publik (perusahaan terbuka) hingga saat ini.

Tak hanya dari segi kelembagaan, transformasi Telkom juga menyentuh aspek bisnis sesuai dengan perubahaan lingkungan dan tuntutan industrinya. Bisnis Telkom yang semula hanya mengoperasikan telegraf, kemudian layanan telepon, Telkom beranjak ke bisnis FMM (Fixed mobile & Multimedia) dan kini beroperasi di portofolio TIME (Telecomunication, Information, Media & Edutainment). Telkom memiliki sejarah panjang dan mengakar di benak seluruh bangsa Indonesia. Sekalipun beberapa milestone penting telah diakui Telkom, namun awal pelayanan jasa telekomunikasi berupa layanan telegraph elektromagnetik pertama di Indonesia menandakan dimulainya era baru bagi bangsa ini untuk melakukan komunikasi melalui sebuah teknologi modern saat itu.

   Pengoperasian perdana telegraph elektromagnetik yang menhubungkan Batavia ( Jakarta) ke Buitenzorg (Bogor) pada 23 Oktober 1856 yang menjadi awal mula pelayanan jasa telekomunikasi di negeri ini. Oleh karena itu tanggal tersebut ditetapkan menjadi hari jadi Telkom. Penentuan tanggal 23 Oktober sebagai hari jadi Telkom bukan tampa alasan yang kuat dan mendasar. Tanggal kelahiran Telkom ditentukan setelah melakukan berbagia studi Literature mendalam ke beberapa sumber autentik, diskusi dengan para sesepuh dan pendahuluan, dan beberapa pembahasan dengan manajemen yang akhirnya pada rapat gabungan (Ragab) antara direksi dan komisaris Telkom tanggal 25 pebruari 2009, maka menajemen memutuskan tanggal tersebut sebagai hari jadi Telkom.

   Hari jadi Telkom diluncurkan dan diperingati untuk pertama kalinya pada 23 Oktober 2009 sebagai hari ulang tahun Telkom yang ke 153 bersamaan dengan peluncuran new Telkom. Dikatakan new Telkom karena kita memiliki business portfolio yang baru, corporate ID / brand baru, positioning baru dan tagline yang baru pula. Kini Telkom menjadi satu-satunya operator TIME di Indonesia yang memiliki visi menjadi pemain regional yang handal. Diharapkan dengan ini jati diri Telkom menjadi semakin jelas dan semakin menampakkan eksistensi serta karyanya bagi bangsa, Negara dan kita semua.

2.2 Lingkup Kerja Divisi Regional 1 Sumatera

   Dibawah ini lingkup kerja Regional Telkom Indonesia yang meliputi :

1. Divisi Regional I – Sumatera

2. Divisi Regional II – Jakarta

3. Divisi Regional III – Jawa Barat

4. Divisi Regional IV – Jawa Tengah dan Yogyakarta

5. Divisi Regional V- Jawa Timur

6. Divisi Regional VI – Kalimantan

7. Divisi Regional VII – Kawasan Timur Indonesia

   Kegiatan operasional Telkom Divre I Sumatera dikendalikan oleh Kantor Divisi yang terletak di Jalan H.M. Yamin No.2 Medan, ibukota Provinsi Sumatera Utara. Kepala Divisi Regional I Sumatra / GM. KSO Unit-1 Kepala Divisi adalah pemegang jabatan tertinggi di PT. Telkom Divisi Regional 1 Sumatra.

Tugas dan tanggung jawab Kepala Divisi adalah sebagai berikut:

1. Menentukan arah kebijakan Divre I Sumatra (visi, misi, strategi) yang sejalan dengan arah kebijakan corporate.

2. Membuat keputusan yang berhubungan dengan kebijakan mutu.

3. Melakukan koordinasi terhadap pembangunan fasilitas telekomunikasi di Divre I Sumatra dan memimpin manajemen review organisasi.

4. Melakukan audiensi dengan lembaga pemerintah.

5. Pertanggungjawaban kepada stakeholder.

6. Mewakili Telkom Regional I Sumatra dalam rapat koordinasi operasi dan pemasaran dengan Telkom pusat.

Telkom Divre I Sumatera membawahi 8 Kantor Daerah Pelayanan yaitu:

1. Kandatel Aceh dengan area pelayanan Provinsi Aceh dan sebagian daerah Provinsi Sumatera Utara seperti : Pangkalan Susu, Pangkalan Brandan.

2. Kandatel Medan dengan area pelayanan Kota Medan, sebagian besar Kabupaten Langkat dan sebagian daerah Kabupaten Deli Serdang (Tanjung Morawa, Perbaungan, Lubuk Pakam dan Galang).

3. Kandatel Sumatera Utara (Sumut) dengan area pelayanan Propinsi Sumatera Utara selain area pelayanan Kandatel Aceh dan Kandatel Medan.

4. Kandatel Sumatera Barat (Sumbar) dengan area pelayanan Provinsi Sumatera Barat.

5. Kandatel Riau Daratan (Ridar) dengan area pelayanan Provinsi Riau kecuali Kepulauan Riau.

6. Kandatel Riau Kepulauan (Rikep) dengan area pelayanan Riau Kepulauan.

7. Kandatel Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) dengan area pelayanan Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu dan Bangka Belitung.

8. Kandatel Lampung dengan area pelayanan Provinsi Lampung.

2.3 Visi, Misi dan Strategi PT Telkom Indonesia

   Sebagai perusahaan publik, PT Telkom Indonesia mengembang tanggung jawab untuk memberikan hasil terbaiknya bagi para stakeholders. Oleh karena itu, dalam setiap kegiatan usahanya PT Telkom harus berpijak pada visi, misi, dan tujuan perusahaan.

1. Visi

Menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan Telecommunication, Information, Media, & Edutaiment (TIME ) di kawasan regional.

2. Misi

Menyediakan layanan TIME yang berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif dan menjadi model pengelolaan korporasi terbaik di Indonesia.

   PT Telkom Indonesia menciptakan posisi terdepan dengan memperkokoh bisnis legency & meningkatkan bisnis new wave untuk memperoleh 60% dari pendapatan industri pada tahun 2015. Sasaran strategi PT Telkom untuk mencapai tujuan Perusahaan di tahun 2013 adalah improving market capitalization.

Strategi terdiri sebagai berikut :

  • Directional strategy: sustainable competitive growth.
  • Portfolio strategy: converged TIME portfolio.
  • Parenting strategy: strategic guidance.

Berikut penjelasan portofolio bisnis Telkom:

1. Telecommunication

   Telekomunikasi merupakan bagian bisnis legacy Telkom. Sebagai ikon bisnis perusahaan, Telkom melayani sambungan telepon kabel tidak bergerak Plain Ordinary Telephone Service (”POTS”), telepon nirkabel tidak bergerak, layanan komunikasi data, broadband, satelit, penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler yang dilayani oleh Anak Perusahaan Telkomsel. Layanan telekomunikasi Telkom telah menjangkau beragam segmen pasar mulai dari pelanggan individu sampai dengan Usaha Kecil dan Menengah (“UKM”) serta korporasi.

2. Information

   Layanan informasi merupakan model bisnis yang dikembangkan Telkom dalam ranah New Economy Business (“NEB”). Layanan ini memiliki karakteristik sebagai layanan terintegrasi bagi kemudahan proses kerja dan transaksi yang mencakup Value Added Services (“VAS”) dan Managed Application/IT Outsourcing (“ITO”), e-Payment dan IT enabler Services (“ITeS).

3. Media

   Media merupakan salah satu model bisnis Telkom yang dikembangkan sebagai bagian dari NEB. Layanan media ini menawarkan Free To Air (“FTA”) dan Pay TV untuk gaya hidup digital yang modern.

4. Edutainment

   Edutainment menjadi salah satu layanan andalan dalam model bisnis NEB Telkom dengan menargetkan segmen pasar anak muda. Telkom menawarkan beragam layanan di antaranya Ring Back Tone (“RBT”), SMS Content, portal dan lain-lain. PT Telkom Indonesia terus beradaptasi dengan dinamika industri melalui penyempurnaan inisiatif strategis dengan fokus pada implementasi kerangka bisnis TIME dan penguatan konsolidasi internal.Inisiatif-inisiatif strategis ini mendukung transformasi menyeluruh dalam aspek organisasi, portofolio bisnis, infrastruktur, sistem dan budaya perusahaan yang dibutuhkan dalam rangka mewujudkan visi untuk menjadi perusahaan yang unggul dalam penyelenggaraan bisnis TIME di kawasan Regional.

2.4 Makna Logo dan Lambang PT Telkom Indonesia

   Logo adalah lambang atau simbol khusus yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi. Logo merupakan suatu bentuk komunikasi perusahaan untuk mencerminkan citra perusahan yang hendak dikomunikasikan kepada publiknya. Sebuah logo diciptakan sebagai identitas agar unik dan mudah dibedakan dengan perusahaan kompetitor/pesaing. Pengenalan masyarakat terhadap logo bukanlah pekerjaan mudah, itu sebabnya logo memiliki makna dan karakteristik tersendiri, dan bisa saja mengalami perubahan. Suatu logo bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun agar familiar bagi orang banyak.

clip_image002

Gambar 2.1 Logo Telkom Indonesia

Arti logo Telkom tersebut :

1. Lingkaran, sebagai simbol dari kelengkapan produk dan layanan dalam portofolio bisnis baru Telkom yaitu TIMES.

2. Tangan yang meraih keluar, Simbol ini mencerminkan pertumbuhan dan ekspansi ke luar.

3. Jemari tangan, Simbol ini memaknai sebuah kecermatan, perhatian, serta kepercayaan dan hubungan yang erat.

4. Kombinasi tangan dan lingkaran, Simbol dari matahari terbit yang maknanya adalah perubahan dan awal yang baru.

5. Telapak tangan yang mencerminkan kehidupan untuk menggapai masa depan.

Makna warna yang digunakan adalah :

1. Merah (Berani, Cinta, Energi, Ulet) : Mencerminkan spirit Telkom untuk selalu optimis dan berani dalam menghadapi tantangan perusahaan.

2. Putih (Suci, Damai, Cahaya, Bersatu) : Mencerminkan spirit Telkom untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa.

3. Hitam (Warna Dasar) : Melambangkan kemauan keras.

4. Abu (Warna Transisi) : Melambangkan teknologi.

   Dengan tetap mengacu kepada filosofi Telkom Corporate, yaitu Always The Best – sebuah keyakinan dasar untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang dilakukan dan senantiasa memperbaiki hal-hal yang biasa menjadi sebuah kondisi yang lebih baik, dan pada akhirnya akan membawanya menjadi yang terbaik.

clip_image004

Gambar 2.2 Slogan Telkom Indonesia

   Arti slogan ialah : Telkom dengan penuh kepercayaan diri bertujuan untuk mengubah “isi dunia” yang penuh dengan keterbatasan, sehingga memungkinkan setiap orang untuk mengubah dunia. Telkom mempermudah masyarakat untuk menjangkau dunia, mengerti, mempelajari dan bersuara didalamnya. Telkom memungkinkan masyarakat untuk melakukan hal yang lebih dan mengantarkan dunia kedalam genggaman tangan, Pesan sederhana untuk masyarakat bahwa dunia adalah milik mereka.

2.5 Produk dan Layanan PT Telkom Indonesia

Di bawah ini produk dan layanan Telkom secara umum yaitu :

1. My Phone

   Telkom sebagai sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia yang menyediakan layanan telepon jaringan tetap atau telepon kabel. Jaringan telepon Telkom melayani pelanggan rumah tangga, bisnis dan lembaga. Telepon tetap kabel mencakup sambungan telepon untuk lokal dan sambungan langsung jarak jauh, serta sambungan langsung internasional melalui TELKOM SLI 007. Telkom juga telah mengembangkan jaringan kecepatan tinggi yaitu melalui serat optic (FiberOptic) Regional dan internasional bersama beberapa operator telekomunikasi terkemuka.

Layanan My Phone ini terdiri dari :

1. SLI

2. SLJJ

3. Telkom Global

4. Special Service

5. Inmarsat Group

2. My Broadband

   Internet on Fiber atau High Speed Internet didalam My Broadband yaitu : Indihome Fiber.

clip_image006

Gambar 2.3 Poster Indihome Fiber

Dalam hal ini keuntungan mengunakan Internet on Fiber yaitu:

1. Lebih cepat

  • Fiber optik dapat membawa informasi lebih banyak dan jarak yang jauh dibanding sinyal listrik yang dibawa oleh media tembaga atau koaksial, sehingga mampu mentransfer data hingga 100 Mbps. Kemurnian serat kaca digabung dengan sistem elektronik yang maju memungkinkan serat terlebih mengirimkan sinyal cahaya digital melampaui jarak 100 km tanpa alat penguat.
  • Fiber optik sendiri merupakan media transmisi yang ideal dengan sedikit transmisi loss, gangguan rendah dan potensi bandwith yang tinggi.

2. Lebih handal

  • Struktur Fiber optik terdiri dari beberapa susunan yaitu cladding, core, dan buffer coating. Core atau inti merupakan serat kaca tipis yang menjadi media cahaya berjalan, sehingga pengiriman cahaya dapat dilakukan. Cladding merupakan lapisan luar sebagai pelindung inti. Sedangkan buffer coating adalah selubung plastik yang bertujuan melindungi serat dari kerusakan yang diakibatkan dari lengkungan kabel dan dari gangguan luar.
  • Fiber optik ini lebih tahan dalam kondisi cuaca apapun seperti serangan petir dan gangguan elektromagnet dibanding kabel coax atau copper. Sehingga komputer pun menjadi lebih aman.

3. Lebih stabil

   Kecepatan fiber optik jauh lebih stabil pada saat dilakukan sharing. Sinyal degradasi lebih kecil, tidak terpengaruh pada gelombang elektromagnetik dan frekuensi radio karena terbuat dari kaca dan plastik murni.

4. Lebih canggih

   Fiber optik merupakan teknologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband.

clip_image008

Gambar 2.4 Perbedaan Tembaga dan Fiber Optik

    layanan paket High Speed Internet on Fiber dengan kecepatan sampai 100 Mbps yang berlaku di lokasi yang tersedia jaringan Fiber To The Home (FTTH). Namun khusus untuk lokasi yang belum terlayani FTTH tetap bisa menikmati layanan High Speed Internet dengan paket di sampai kecepatan 5 Mbps.

3. My Mobile (Telkomsel)

   Telkomsel merupakan penyedia layanan telekomunikasi seluler dengan teknologi GSM, 3G, dan 4G LTE. Melalui penawaran serangkaian produknya, seperti kartuHALO, simPATI dan Kartu As. Telkomsel menawarkan layanan pascabayar dan layanan prabayar. Para pelanggan dan pengguna Telkomsel mendapatkan beragam fitur, aplikasi dan layanan bernilai tambah (value added service), termasuk SMS, WAP, GPRS, MMS, Wi-Fi, roaming internasional, mobile banking, CSD dan EDGE. Seluruh fitur layanan tersebut didukung oleh jangkauan sinyal yang luas dan tarif yang kompetitif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan komunikasi dan multimedia.

   Telkomsel memiliki komitmen untuk menghadirkan layanan mobile lifestyle unggulan sesuai dengan perkembangan jaman dan kebutuhan pelanggan. Telkomsel menghadirkan teknologi agar bangsa Indonesia dapat menikmati kehidupan yang lebih baik di masa mendatang dengan tetap mendukung pelestarian negeri. Telkomsel secara aktif mendorong pemanfaatan energi terbaru sebagai sumber energi untuk menara BTS serta menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi remaja dan masyarakat yang kurang mampu. Melalui peningkatan kualitas SDM dan pelestarian lingkungan, Telkomsel selalu berpartisipasi aktif untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

4. My TV

1. UseeTV Cable

UseeTV Cable: Layanan multimedia (televisi, video,audio,text, grafik, data) yang dideliver di atas jaringan managed IP Broadband dan memberikan tingkat kualitas tertentu atas layanan dan pengalaman (QoS dan QoE), security, interactivity dan reliability dengan bitrate yang relative lebih rendah daripada layanan GrooviaTV. UseeTV Cable ini menggunakan teknologi Internet Protocol Television (IPTV).

2. UseeTV.com

Layanan Entertainment: Live TV, TV on Demand,  Video on Demand, Music, Radio, dan Live Events yang dapat dinikmati kapanpun di manapun melalui streaming menggunakan akses internet.

2.6 Struktur Organisasi PT Telkom Indonesia Kandatel Lhokseumawe

   Struktur organisasi merupakan gambaran dalam sebuah organisasi, perusahaan ataupun instansi mengenai bagaimana pekerjaan dibagi, di kelompokkan, dan di koordinasikan secara normal. CSA (Consumer Service Area) Provinsi Aceh berada di bawah kantor Divisi Regional I Sumatera yang berkedudukan di Medan, dalam melaksanakan kegiatan kegiatan operasional perusahaan, Kantor Daerah Telekomunikasi (Kandatel) di pimpin oleh seorang Kepala Kantor Daerah Telekomunikasi (GM Kandatel), serta dibantu oleh seorang wakil Kepala Kantor Daerah Telekomunikasi. Dalam melaksanakan tugasnya GM Kandatel bertanggung jawab kepada kepala divisi Regiona1 I Sumatra.

CSA (Consumer Service Area) Aceh juga membawahi beberapa Customer Officer (CO) yang dipimpin oleh seorang seorang kepala kantor bertanggung jawab yaitu :

1. CO Telkom Meulaboh

2. CO Telkom Lhokseumawe

3. CO Telkom Langsa

2.7 IndiHome Telkom

   IndiHome layanan unggulan PT Telkom Indonesia mematok target 3 juta pelanggan baru selama tahun 2015 ini. Hingga Januari 2015, pelanggan IndiHome sudah mencapai 200 ribu. Sebagai layanan unggulan Telkom yang menghadirkan kualitas 100% Fiber untuk menghantarkan layanan Triple Play telepon, internet dan Useetv Untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia.

   IndiHome adalah layanan Triple Play dari Telkom yang terdiri dari Telepon Rumah, Internet Broadband, dan Useetv Cable (IPTV) berserta beberapa fitur tambahan. Adopsi teknologi FTTH ini merupakan langkah Telkom untuk memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dari sisi kualitas dan kapasitas jaringan, manfaat maupun tambahan value bagi pelanggan.

Keuntungan berlanggan Indihome diantaranya :

1. Telepon rumah

   Layanan komunikasi telepon dengan keunggulan biaya yang lebih murah dengan kualitas suara yang jernih. Paket telepon rumah Indihome menawar kan gratis nelpon 1000 menit lokal dan Interlokal.

2. Internet on Fiber atau high speed internet

   Layanan Internet berkepatan tinggi menggunakan Fiber optik yang mempunyai bandwith sangat besar hingga ratusan Mbps.

3. Useetv

   Layanan Useetv (IPTV) merupakan layanan TV kabel canggih yang memiliki keunggulan luar biasa dibandingkan TV kabel lainnya, menyajikan all 99 channel program TV terbaik local maupun luar Negeri. Pelanggan bisa melakukan rewind, pause dan di-replay sesuai dengan keinginan kita, dan bahkan bisa menayangkan kembali acara-acara program TV di tujuh hari lalu yang belum sempat dinikmati pelanggan.

clip_image010

Gambar 2.6 Fitur-Fitur Useetv

4. Layanan Indihome view

   Indihome View merupakan layanan inovatif untuk menikmati Live Camera dimana pengguna dapat melakukan live access dan recorded video dengan proses instalasi yang sangat mudah menggunakan Plug & Play IP Camera melalui gadget ( Android maupun IOS).

5. Melon.co.id

   Melon Indonesia adalah portal musik digital yang menyediakan konten musik dari berbagai genre, baik musik lokal maupun macanegara melalui http:// melon.co.id.

6. Trend Micro

   Layanan Internet Security dari Telkom untuk pelanggan Indihome dengan menggunakan aplikasi Trend micro sebagai platform.

2.8 Promosi Produk Indihome PT Telkom Kandatel Lhokseumawe

   Promosi adalah suatu kegiatan bidang marketing yang merupakan komunikasi yang dilaksanakan perusahaan kepada pembeli yang memuat pemberitaan, membujuk, dan mempengaruhi segala sesuatu mengenai barang maupun jasa yang dihasilkan untuk konsumen, segala kegiatan itu bertujuan untuk meningkat kan volume penjualan dengan menarik minat konsumen dalam mengambil keputusan pembelian di perusahaan tersebut.

   Kotler (2002:41) menyatakan bahwa “Promosi adalah berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang menonjolkan keistimewaan-keistimewaan produknya yang membujuk konsumen sasaran agar membelinya”. Strategi penerapan promosi pada Indihome sangat penting dalam usaha untuk memperkenalkan produk terbaru, pada dasarnya strategi penerapan promosi merupakan aktivitas dari pemasaran produk Indihome yang dikeluarkan oleh Telkom Lhokseumawe. Jika strategi penerapan promosi dapat menarik keinginan pelanggan untuk menggunakan produk Indihome maka penerapan promosi yang dilakukan telah berhasil dan jika penerapan promosi kurang menarik keinginan pelanggan untuk menggunakan produk Indihome maka penerapan promosi yang dilakukan mengalami kegagalan, oleh karena itu penerapan promosi yang dilakukan Telkom Lhokseumawe harus efektif dan semaksimal mungkin untuk menentukan penerapan promosi sehingga pelanggan tertarik terhadap produk baru yang dikeluarkan oleh PT Tekom Indonesia.

Promosi yang dilakukan oleh PT Telkom Indonesia dan CO Lhokseumawe dalam memasarkan produk yaitu :

1. Promosi melalui Internet dan iklan Televisi.

2. Surat kabar ialah media yang digunakan untuk mengiklankan produk Indihome di wilayah Lhokseumawe. .

3. Brosur merupakan media periklanan yang digunakan Telkom Kandatel Lhokseumawe dalam mengiklankan produk Indihome. Brosur tersebut memuat gambar dan keterangan paket harga mengenai Indihome.

4. Promosi juga dilakukan melalui CS Telkom Lhokseumawe. Pelanggan akan ditawar kan paket Indihome melalui telepon dan di hubungi oleh call center Telkom Lhokseumawe kepada pelanggan yang sudah berlanggan 1P atau 2P untuk beralih ke Indihome Triple Play.

5. Promosi juga di lakukan melalui operator seluler milik PT Telkom Indonesia yaitu Telkomsel, Pemberitahuan tentang Indihome melalui SMS di kirim oleh Telkomsel kepada pelanggan nya.

1 komentar:

  1. Harrah's Casino Tunica Hotel - Mapyro
    Find 계룡 출장샵 the best prices for Harrah's 남원 출장마사지 Casino Tunica Hotel in Tunica 여주 출장안마 (Mapyro). hotel in the middle of the strip, 순천 출장샵 in the Harrah's Resort 시흥 출장샵 Tunica Hotel Casino

    BalasHapus